5 Tips Jitu Merawat Harddisk Notebook Dell XPS 13

, , Leave a comment

notebook-xps-13-polaris-pdp-design-3

Peran harddisk dalam notebook Dell XPS 13 itu penting sekali. Ketika harddisk rusak apa yang terjadi? Data-data yang tersimpan bisa hilang. Bagi seseorang yang selalu beraktivitas dengan notebook pasti akan merasakan kepayahan yang sangat dalam. Terutama lagi kalau Anda seorang pekerja yang rutin bercengkerama dengan monitor. Inilah 5 tips jitu yang bisa Anda coba ketika ingin menjauhkan harddisk dari kerusakan.

  1. Bersihkan Virus

Telah umum diketahui kalau virus bisa sangat merepotkan. Bukan hanya merepotkan, seringkali kalau dipelihara lama-lama bisa ngelunjak. Ibaratnya dikasih hati minta jantung. Tidak ada gunanya memelihara virus di notebook Dell lama-lama. Yang ada malah dia menyerang komponen-komponen yang ada di perangkat keras maupun lunak.

Jadi usahakan ketika notebook Dell XPS ini terindikasi disusupi oleh virus, segeralah dibersihkan. Virus bisa datang dari mana saja. Salah satu sumber virus yang umum itu dari internet dan transfer data. Dengan membersihkan virus secara berkala, Anda sudah satu langkah menyelamatkan harddisk dari kemungkinan diganti dengan yang baru. Bisa lebih awet juga.

  1. Gunakan Stabilizer

Tool ini sangat berguna pada masa-masa genting seperti terputusnya saluran listrik secara mendadak. Atau yang kita kenal dengan nama korsleting. Bagi kesehatan harddisk, ketika korsleting berlangsung sudah bisa diartikan sebagai ancaman kesehatan yang serius. Dengan menggunakan stabilizer, hal-hal seperti itu tidak akan berpengaruh.

  1. Temperatur Dijaga Sebaik Mungkin

Seringkali pengguna notebook zaman sekarang itu malas-malas. Main notebook ya di atas kasur. Sambil tiduran pula. Padahal itu bisa mengakibatkan suhu badan notebook bisa mudah panas. Dikarenakan sifat kasur bisa menyerap panas, aktivitas semacam ini tidak direkomendasikan. Kalau suhu badan gampang panas kenapa? Tentu saja bisa berdampak serius pada harddisk.

  1. Jaga Notebook dari Guncangan Apa pun

Guncangan atau mungkin benturan yang dialami notebook mana pun bisa bikin trauma. Kalau notebook sudah trauma, apakah kita bisa membuatnya move on kembali? Ini tidak semudah menenangkan perasaan kekasih yang baru curhat soal keburukan yang baru dia alami. Berkomunikasi dengan mesin cukup dengan perawatan yang maksimal.

Ketika guncangan atau bahkan benturan pada notebook sering terjadi, komponen-komponen di dalamnya akan terganggu. Kadang-kadang ada pula bagian yang geser dari tempatnya semula. Geser 0, sekian mili saja sudah berarti serius, apalagi kalau sampai hitungan sentimeter. Terlebih lagi untuk harddisk, gangguan semacam ini sangat memusingkannya.

  1. Sisakan Ruangan di Harddisk Minimal 20%

Ruangan yang luas membuat pergerakan jadi semakin mudah. Sebagai ilustrasi, cobalah Anda berdiri di ruangan yang di dalamnya cuma ada satu kursi, satu meja, dan satu televisi. Pasti ketika Anda ingin berlari, berjalan, atau mungkin menata-ulang isi ruangan jadi semakin mudah. Jauh lebih sulit ketika ruangan itu sudah penuh dengan banyak perabotan.

Hal itu juga berlaku pada harddisk di notebook Dell. Ruang bebas minimum sekitar 20% dari seluruh jumlah total luas ruangan yang ada. Ruangan yang luasnya terjaga, membuat kinerja notebook stabil. Soalnya kalau sudah penuh biasanya jadi lemot. Apa-apa perlu nunggu selama bermenit-menit, bahkan untuk urusan sepele seperti loading pada proses selancar internet.

Berdasarkan informasi yang didapat dari salah satu marketplace terbesar di Indonesia—Bibli—orang yang meminati notebook Dell XPS 13 ini cukup banyak. Sebab utamanya karena harganya murah dan slim atau langsing. Jadi tetap asyik dan tidak memakan banyak tempat ketika diajak jalan-jalan. Ada pepatah yang menggelitik, “Ketika Anda menyayangi harddisk gadget, maka ia juga akan menyayangi Anda.”

 

 

Leave a Reply