Candidasa, Tempat Wisata Di Bali Yang Extraordinary

, , Leave a comment

reservasi

Photo: okdiversbali

Terletak di bagian timur Bali, Candidasa disebut-sebut sebagai salah satu mutiara Bali, banyak alasannya: disini terdapat berbagai pura yang indah, pantai-pantai tersembunyi nan cantik, festival budaya yang unik, dan masih banyak lagi. Semua keindahan wisata ini bisa Anda nikmati tanpa harus berdesak-desakan, karena Candidasa tak seramai tempat lain yang biasa Anda kunjungi di Bali. Ada apa saja di Candidasa? Simak ulasannya berikut.

  • Festival Mekare-kare

Festival Mekare-kare atau dikenal juga dengan nama Perang Pandan, merupakan sebuah perayaan tahunan yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan para leluhur dan Dewa Indra atau Dewa Perang. Tradisi unik yang berlangsung selama satu bulan penuh ini sudah menjadi daya tarik tersendiri dari Desa Tenganan, dan  selama festival berlangsung, penduduk Tenganan akan mengenakan pakaian tradisional setiap hari. Semua pria di desa tersebut, baik tua maupun muda, diharuskan untuk ikut serta dalam festival ini. Dengan “kostum” berupa sarung yang dililit di pinggang, dan ikat kepala, para laki-laki akan saling bertarung dengan bersenjatakan helai-helai daun pandan berduri serta sebuah tameng sebagai senjata pertahanan, dalam setiap satu ronde pertarungan, ada dua petarung yang saling meyerang satu sama lain dengan cara memukul ikatan daun pandan berduri kepada lawan hingga berdarah. Durasinya hanya berlangsung kurang dari satu menit, dan untuk selanjutnya pertarungan dilanjutkan oleh peserta pria berikutnya sampai selesai. Jika tertarik, Anda juga bisa ikut berpartisipasti dalam tradisi perang pandan ini. Tujuan dari upacara ini sendiri adalah untuk membuat lawan berdarah sebagai bentuk persembahan bagi sang Dewa Perang. Setelah upacara selesai, luka-luka di tubuh para peserta perang akan diobati dengan ramuan tradisional yang terbuat dari kunyit, jahe, minyak kelapa dan rempah-rempah lain yang dipercaya bisa cepat menyembuhkan luka. Untuk melihat festival unik ini, anda bisa mengunjungi Desa Tenganan pada bulan Juni,  dijamin, anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Desa Tenganan

Lokasi: Manggis, Karangasem, Bali

Tiket Masuk: Rp5000,- untuk donasi (Anda tentu saja boleh memberi lebih)

  • Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah adalah salah satu  pura paling spektakuler yang ada di dunia. Yang membuatnya istimewa adalah, terdapatnya kawanan kelelawar yang tinggal di dalam pura! Di dalam mulut goa ini, anda akan melihat ribuan kelelawar yang terlihat asyik menikmati tidur siang. Jumlahnya yang sangat banyak, sampai-sampai jika dilihat dari kejauhan, goa ini nampak seperti berlumpur. Selain fenomena alam berupa goa kelelawar, arsitektur candi ini juga sangat mengagumkan, setiap sudut bangunan ini diukir dengan sangat teliti dan juga dilapisi oleh emas. Menakjubkan!

Pura Goa Lawah

Alamat: Jl. Raya Goa LAwah, Klungkung, Bali

Tiket Masuk: Rp5000,- | Rp20.000,- (sewa kain sarung)

Jam Operasional: 08.00 -18.00

  • Rumah Bambu Pengalon

Semula, tempat ini akan dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan festival musik bertajuk Bali Unite. Meskipun ini merupakan sebuah proyek yang tidak diteruskan, namun anda tetap bisa melihat pemandangan di sekitarnya yang sangat indah, berupa danau kecil yang bening dan cantik.dan meskipun ini merupakan bangunan yang belum dirampungkan pengerjaannya, Rumah Bambu Pengalon mampu menawarkan sebuah keunikan atrsitektural tersendiri.

Rumah Bambu Pengalon

Alamat: Bali Unite Festival, Br. Pengalon, Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali

Tiket Masuk: Gratis

  • Apneista Yoga & Freediving

Ingin bermain air tanpa harus berdesak-desakan dengan turis lainnya? Ada solusi yang tepat untuk Anda: bagaimana jika anda mencoba untuk freediving, dimana anda akan diminta untuk tahan napas sambil menyaksikan indahnya dunia bawah laut. Berani? Salah satu tempat terbaik untuk belajar freediving ada di Teluk Jemeluk, Amed. Melakukan freediving, anda tidak perlu memakai perlengkapan berat seperti tabung oksigen, Anda harus mengandalkan kemampuan dalam menahan napas untuk menuju dasar sampai kembali ke permukaan, anda bisa merasakan sensasi menenangkan saat menyusuri alam bawah laut yang begitu damai dan sunyi.

Apneista Yoga and Freediving

Alamat: Jl Raya Jemuluk, Amed, Abang, Bali 80813

Telepon: 0812 3826 7356

Harga: Rp2.000.000,- (untuk kursus basic freediving level 1)

Sangat menarik bukan? Segera ajukan cuti liburan dan cek tiket pesawat menuju Bali. Karena dengan berwisata ke Candidasa, dijamin, anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang lebih dari sebuah liburan. Untuk memaksimalkan liburan sambil menikmati pesona keindahan Candidasa, jangan sampai Anda terlewat dalam berburu promo hotel murah di www.reservasi.com karena di Reservasi.com, anda akan menemukan berbagai promo tiket pesawat dan hotel yang sesuai dengan budget anda. Selamat berlibur!

 

Leave a Reply