Mengenal insomnia sulit tidur gejala penyebab dan pencegahanya

, , Leave a comment

Mengenal insomnia sulit tidur gejala penyebab dan pencegahanya

Insomnia menjadi gejala yang sering dialami oleh banyak orang akhir-akhir ini, terutama karena kehidupan yang semakin modern dan serba sibuk. Insomnia sendiri adalah kondisi sulit tidur pada malam hari, orang yang mengalami insomnia biasanya untuk tidur memerlukan waktu minimal satu jam, padahal orang yang normal membutuhkan waktu paling lama hanya 15 menit. Adalah gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utamanya, dimana insomnia sendiri diperparah dengan kualitas hidup yang rendah. Bekerja berlebihan, pola makan yang buruk dan juga kurang olahraga menjadikan munculnya insomnia. Beban hidup yang berat kadang juga bisa menimbulkan insomnia hal ini dikarenakan insomnia sendiri banyak disebabkan oleh suasana hati yang tidak tenang, kondisi psikologis yang tidak tenang baik karena suatu masalah atau yang lainya membuat orang sulit untuk tidur.
Normalnya lama tidur untuk ukuran orang normal adalah 8 jam, namun orang yang terkena insomnia biasanya lebih sedikit, tidak jarang orang yang menderita insomnia hanya tidur selama  4 jam saja. Hal ini tentu sangat buruk bagi kesehatan atau produktivitas, karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas kurang tenaga sehingga dalam pekerjaan seringkali memiliki peforma yang buruk.
Gejala Insomnia
Sangat penting untuk mengetahui gejala insomnia sehingga kita sadar akan tubuh kita dan bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan, berikut ini adalah beberapa gejala dari insomnia.
Sulit tidur 
Dibandingkan dengan orang normal, orang yang menderita insomnia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tidur, bahkan kadang butuh waktu di atas dua jam. Orang yang mengalami insomnia juga cenderung untuk terbangun pada saat tengah malam entah karena gangguan kecil seperti suara-suara atau karena hal yang lainnya. Dibandingkan dengan orang yang normal penderita insomnia juga cenderung untuk bangun lebih awal, akibatnya jumlah jam tidur lebih singkat dengan orang normal.
Stres
Orang yang menderita insomnia cenderung mengalami stres dan depresi hal ini dikarenakan bangun dengan kondisi tubuh yang tidak segar bugar sehingga tidak memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitasnya. Orang yang insomnia juga tidak memiliki pikiran yang segar atau fresh hal ini dikarenakan pikiran atau otak tidak memiliki cukup waktu untuk istirahat. Tidur sendiri sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita.
Sakit kepala
Pada suatu penelitian didapatkan ternyata orang yang insomnia mudah mengalami sakit kepala, karena kurangnya instirahat. Sakit kepala yang didapat bisa secara tiba-tiba atau sakit kepala yang berkepanjangan dalam kurun satu hari.
Penyebab
Jangan pernah meremehkan insomnia karena sangat mengganggu kehidupan anda terutama bagi anda yang bekerja. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui berbagai penyebab dari insomnia untuk dihindari. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari sakit kepala.
Stres
Stres, depresi, gelisah dan mudah cemas membuat kondisi sulit tidur karena pikiran sangat terngaggu dan tidak tenang. Pikiran yang tidak tenang, melayang-layang membuat kita sulit untuk memasuki fase tidur karena pikiran akan terus terjaga.
Kafein
Kafein adalah sinyawa yang biasanya terdapat pada kopi, kafein sendiri dapat menyebabkan pikiran untuk terus terjaga sehingga menyebkan sulit untuk tidur. Lainya yang dapat menimbulkan insomnia adalah alkohol dan nikotin.
Kebiasaan buruk
Sejumlah kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan insomnia seperti makan sebelum tidur, begadang, dan membawa masalah pekerjaan ke rumah.
Pencegahan Insomnia
Anda dapat menghindari insomnia dengan menghindari sejumlah penyebab di atas ditambah dengan rajin olahraga dan rajin ibadah, ibadah sendiri sangat baik untuk pikiran anda agar tenang.
 

Leave a Reply